Cara masuk mode aman (Safe mode) pada Android

Selasa, 30 Desember 2014

Pernahkah ponsel android kalian harus menghadapi hal tidak terduga ? Misalnya hang atau lemot setelah instal beberapa aplikasi asing. hmm, memang saat ini sangat banyak aplikasi yang menyita banyak memory dan membuat ponsel kesayangan kita terasa amat sangat lambat, hal ini terjadi karena sistem android kita memiliki beban kerja yang berlebih. untuk masalah ini mungkin anda akan langsung menuju ke pokok permasalahan, yaitu langsung menghapus aplikasi yang notabene membuat sistem kerja android anda berlebih bukan ? yup, anda 100% telah mengambil langkah yang tepat. tapi, gimana kalau buat masuk ke menu setting aja lamanya minta ampun, ditambah lagi tidak ada respon saat terjadi sentuhan di layar ponsel kita.

Untuk itu, salah satu caranya adalah dengan merestart android untuk masuk ke mode aman (safe mode). Mode aman ini akan membuat sebagian besar aplikasi pihak ketika akan dinonaktifkan, sehingga sistem android dapat diakses tanpa kesulitan. jadi, saat anda telah memilih masuk ke safe mode, anda akan disuguhkan tampilan sistem android seperti pertama kali anda membeli ponsel tersebut, semua aplikasi yang berjalan masih murni aplikasi bawaan dari brand asalnya sehingga semua fungsi dari sistem akan berjalan normal dan anda akan dengan leluasa menghapus aplikasi yang menjadi penyebab hangnya ponsel anda.

Lalu gimana sih caranya masuk safe mode ? kalo di PC kan bisa pencet tombol f8 setelah restart, tapi di android kan ga ada tombol f8 ? tenang itu bukan jadi permasalahan karena cara masuk safe di android jauh berbeda dengan cara masuk safe mode pada PC. berikut langkah-langkahnya.

Langkah pertama tekan tombol power pada ponsel android kalian sampai muncul popup seperti gambar dibawah ini.


Setelah itu tekan dan tahan beberapa saat pada pilihan daya mati sampai muncul kembali popup baru seperti yang terlihat di bawah ini.


Kemudian setelah anda yakin dan meneguhkan hati untuk mencoba fitur safe mode, silahkan pilih ok untuk mulai reboot ponsel anda. tunggu beberapa saat hingga tampilan awal muncul.


Nah berikut ini adalah tampilan safe mode setelah sebelumnya terjadi reboot, tidak terjadi perubahan yang signifikan namun bisa anda lihat terdapat tulisan "Mode aman" pada pojok kiri ponsel. dan satu hal lagi pada ponsel ini sebelumnya saya menginstal beberapa game seperti Clash of Clans, namun pada layar safe mode terlihat tak tampak bukan. itu artinya anda memang sudah benar-benar masuk mode aman dan anda sekarang sudah bisa masuk dan uninstal aplikasi yang membuat masalah pada sistem android anda.


Untuk masuk mode normal anda hanya perlu restart ponsel anda sekali lagi, perlu di perhatikan bahwa kami melakukan langkah safe mode diatas menggunakan ponsel Sony Xperia, mungkin terjadi sedikit perbedaan langkah pada ponsel dengan brand yang berbeda.
Share

28 komentar:

  1. saya sudah restart ponsel, kq kenapa tidak bisa ya kembali normal ya, masih tetap safe mode??

    BalasHapus
  2. sama nih, udah restar beberapa x masih tetep mode aman. gimana solusinya ? hp xperia m single sim

    BalasHapus
  3. Sama aku pkai..grand duos uda di reset bolak balik sama gamau ilang sompretttt....

    BalasHapus
  4. makasih infonya .... terbantu banget ... berhasil ikutin panduan ini .. LENOVO barusan tiba" hang n muncul tulisan " mode aman " , hapus sebagian aplikasi yg berat n restart ulang . jd deh ... berhasil ... makasih yah ..

    BalasHapus
  5. masalah experia e1 belum kelar sooob mohon petunjuk.....berkali kali tetap safe mode alias mrongoooooooss

    BalasHapus
  6. Makasih gan info nya . hp LG saya kembali normal

    BalasHapus
  7. Ga mau normal lagi tetep di mode aman
    Gmna solusinya gan?
    Hp ane xperia z1

    BalasHapus
  8. Thx Gan Infonya Sangat Membantu.......

    BalasHapus
  9. coba matikan daya nya trus nyalakan lg dengan menekan tombol daya n volume up secara bersamaan.. semoga berhasil..

    BalasHapus
  10. Ane jg masi sama ja ni gan,dah neken tombol daya+vol up jg sama bae,neken daya+vol down jg sama ja,smp2 ane neken bodrex biar gak migran pala ane mikirinny,,
    Mohon solusi dong agan2 hp ane samsul galaxy A5 ,,

    BalasHapus
  11. Hahahahha yang saya juga ni ex z1... Huhu

    BalasHapus
  12. Hahahahha yang saya juga ni ex z1... Huhu

    BalasHapus
  13. Hahahahha yang saya juga ni ex z1... Huhu

    BalasHapus
  14. Mohon bantuannya dong gan..
    Hp saya sony Xperia arc s tiba* ada tlisn mode aman,
    Saya dh cba ngkutn cara dari agan.. Tpi ttp aja gk bisa..
    N sya pun udh reset ke pngtran pabrik jga

    BalasHapus
  15. Mohon bantuannya dong gan..
    Hp saya sony Xperia arc s tiba* ada tlisn mode aman,
    Saya dh cba ngkutn cara dari agan.. Tpi ttp aja gk bisa..
    N sya pun udh reset ke pngtran pabrik jga

    BalasHapus


  16. Am Mr Jad Kimi adalah reputasi yang sah pemberi pinjaman kredit yang baik. Kami adalah perusahaan yang dinamis Dengan Itu Kami Menyediakan dana bantuan keuangan kepada yang membutuhkan bantuan keuangan Individu, itu memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis Jad Kimi menggunakan media ini untuk menginformasikan Itu kami Memberikan bantuan penerima terpercaya akan senang untuk menawarkan pinjaman Silahkan hubungi kami melalui email: jadkimi@gmail.com

    Layanan mencakup; Refinancing, perbaikan rumah, kredit investasi, kredit mobil, konsolidasi utang, batas kredit, hipotek kedua, pinjaman usaha, pinjaman pribadi, kredit mobil, kredit mobil.

    BalasHapus
  17. Tolong solusinya hp saya sony Xperia z1 tiba" mode aman saya restart ulang kali pun sama saja tolong di bantu ya

    BalasHapus
  18. Biasanya kendalanya habis ganti touchscreen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trs cara mengatasix gmn gan, bikin uring"an aja nih hp, ganti TS malah errir kayak tai gini, maen game aja gx bisa

      Hapus
  19. caranya gampang. sya dh buktikan. pas restart.keluar tulisan samsung. langsung sentuh 1xpakai jari dr kiri ke kanan. silahkan coba

    BalasHapus
  20. Xperia m dual ku jg di mode aman g bs balik normal pdhl kmren ak malah g ngereboot blazz... Knp n gmn ini gan :( :( pgen tk banting. Hpnya tp kok sayang wkwkkwk

    BalasHapus
  21. Hello Everybody,
    My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

    BORROWERS APPLICATION DETAILS


    1. Name Of Applicant in Full:……..
    2. Telephone Numbers:……….
    3. Address and Location:…….
    4. Amount in request………..
    5. Repayment Period:………..
    6. Purpose Of Loan………….
    7. country…………………
    8. phone…………………..
    9. occupation………………
    10.age/sex…………………
    11.Monthly Income…………..
    12.Email……………..

    Regards.
    Managements
    Email Kindly Contact: urgentloan22@gmail.com

    BalasHapus
  22. tombol restart + volume up, alhamdulillah saya bsa lagi, mksih agan" :)

    BalasHapus
  23. Ya gan. Kadang-kadang bs Tiba-tiba lg mode aman

    BalasHapus
  24. Mohon bantuannya Gimana caranya masuk ke mode aman untuk hp Meizu m5..? Hp saya terkunci alias lupa password..

    BalasHapus
  25. Sy sdah mncoba,aplikasi viruznya sudah sy hapus,tp stlh hp sy mtikan truz hidupkan lgi viruznya muncul lagi.gimana caranya ya,mhon bntuannya..

    BalasHapus

 
Copyright © 2015 sarapanandroid