Chipset Berbasis Cortex-A72 Sedang Dalam Pengerjaan MediaTek

Jumat, 20 Maret 2015


Seperti sudah banyak orang ketahui, MediaTek adalah perusahaan yang bergerak dibidang semikonduktor asal Taiwan sebagai pemasok chipset berfitur tinggi dengan harga rendah. Sudah banyak merk smartphone ternama yang menggunakan chipset buatan Mediatek seperti Xiaomi, Lenovo, dan masih banyak lagi.

Kali ini Mediatek menjadi pembuat chipset pertama yang mempublikasikan demo dari SoC berbasis ARM's terbaru yaitu Cortex-A72, sesaat sebelum ajang MWC. Seperti dilansir dari Gsmarena, Kamis(19/03/15), harian asal Taiwan yaitu Digitimes memberikan beberapa detail tambahan mengenai informasi ini. Kabarnya chipset terbaru dari Mediatek ini akan diumumkan pada akhir 2015, yang berarti pada ajang CES/MWC 2016 Mediatek baru bisa memperkenalkanya.

Chipset MediaTek MT679X akan memasangkan prosesor Cortex-A72 dengan Cortex-A53. Pada sektor olah grafis, MediaTek tidak lagi menggunakan ARM's Mali, namun kali ini mereka bekerja sama dengan AMD yang akan menjadi pemasok olah grafis untuk chipset terbarunya. Tak seperti Nvidia, AMD sudah tidak lagi membuat GPU untuk ponsel maupun tablet. AMD sudah menjual bagian perusahaannya yang bergerak di sektor ini kepada Qualcomm, yang menamakan produk GPU nya dengan nama Adreno. Patut ditunggu kehadiran Chipset canggih dan ekonomis dari MediaTek selanjutnya.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 sarapanandroid